Membuat Aplikasi Nilai

Pada dasarnya tugas guru adalah mentransfer pengetahuannya ke pada siswa. Pada proses transfer pengetahuan ini tentunya ada suatu patokan nilai atau dengan kata lain suatu tolok ukur, yang menentukan apakah proses transfer ini berhasil atau tidak berhasil.

Oleh karena itu seorang guru juga dituntut untuk membuat suatu penilaian terhadap siswa dengan standar tertentu (yang telah ditetapkan). Tetapi kadang kala proses untuk mencapai standar mutu tersebut sangat rumit, misal seorang guru sebelum memberi penilaian harus membuat suatu standar kompetensi dasar (tentunya untuk satu mata pelajaran tidak hanya 1 standar kompetensi dasar) dan tiap kompetensi dasar tentu ada penilaian tersendiri setelah proses ini baru membuat standar ketuntasan belajar siswa.

Dari sedikit uraian diatas sudah terbayang bagaimana ribetnya membuat nilai siswa. Oleh karena itulah kami membuat sebuah aplikasi pengolah nilai yang akan membantu guru untuk memasukkan nilai siswa.

Guru tidak perlu menghitung angka-angka yang begitu banyak cukup dimasukkan dan mengetahui hasilnya. Dari masukan nilai per guru ini nantinya pihak TU (administrasi sekolah) tinggal mencetak raport siswa.

Bagaimanapun pekerjaan guru yang utama adalah memberi pengajaran bukan memasukkan nilai, walaupun nilai tidak bisa dilepaskan dari pemberian pelajaran. Bagaimana menurut anda?